Jumat, 20 Juli 2012

puasa sehat


Puasa itu menyehatkan

Menurut kedokteran tradisional, orang yang sehat adalah yang seimbang seluruh fungsi ke lima organ tubuhnya. Ke lima organ itu adalah : hati, jantung, limpa, paru-paru dan ginjal. Jika ke lima organ ini tidak seimbang energinya maka orang tersebut akan sakit. Penyebab penyakit membuat ke lima organ tersebut tidak seimbang. Penyebab penyakit ada berbagai macam diantaranya kebiasaan hidup ( terutama makan ) tidak baik dan emosi yang tidak terkontrol dengan baik.
A. Perilaku makan manusia yang tidak sehat, yaitu:
1. Makan berlebihan dan malnutrisi
Jumlah makanan yang dimakan seharusnya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Makan berlebihan atau kekurangan makan dapat menimbulkan penyakit. Apabila makanan yang dimakan melebihi kemampuan pencernaan fungsi limpa dan lambung ( pencernaan ) akan terganggu. Manifestasi klinis meliputi sendawa berbau, regurgitasi asam, distensi dan nyeri epigastrium serta perut, tidak nafsu makan, muntah dan diare. Kekurangan makan akan menyebabkan kegagalan penyediaan bahan untuk pembentukan Qi (energi ) dan darah. Dalam jangka panjang, akan terjadi penurunan berat badan dan kelemahan Qi antipatogen ( energi kekebalan tubuh ).

2. Berlebihan dalam jenis makanan tertentu
Tubuh manusia hanya akan memperoleh kebutuhan nutrisi apabila makanan yang dimakan seimbang. Berlebihan atau kekurangan dalam suatu jenis makanan tertentu akan mengakibatkan berbagai bentuk malnutrisi dan penyakit lain. Sebagai contoh, makan nasi yang berasal dari beras giling secara terus-menerus akan mengakibatkan beri-beri. Mereka yang meminum air yang kekurangan yodium akan dapat menderita penyakit gondok. Berlebihan dalam makanan dingin atau mentah dapat melukai limpa ( pencernaan) yang berlanjut pada terbentuknya dingin dan lembab dalam, dengan gejala nyeri perut dan diare. Berlebihan minum alcohol atau makanan berlemak, makanan manis dan lezat dapat menimbulkan panas lembab riak dan stagnasi Qi ( energi yang mandek )serta darah stasis. Apabila fungsi limpa dan lambung terganggu dapat timbul perubahan patologis seperti rasa penuh di dada dengan riak banyak, pusing, vertigo, perdarahan hemoroid (wasir) dan karbunkel (bisul).

3. Makan makanan kotor
Apabila memakan makanan kotor, busuk atau beracun, fungsi limpa dan lambung akan terganggu, sehingga mengakibatkan nyeri dan disentri epigastrium serta perut, mual muntah, borborigmi dan diare. Makanan kotor dapat pula menyebabkan penyakit parasit atau keracunan makanan.

B. Emosi yang tidak terkontrol dengan baik, yaitu
Dikatakan di dalam kedokteran tradisional bahwa faktor emosi yang berbeda cenderung untuk mempengaruhi sirkulasi Qi ( energi ) dan darah dari organ dalam. Penjelasannya sebagai berikut:
a Marah melukai ( mengganggu energi atau fungsi ) hati,

b gembira melukai jantung,
c sedih dan murung melukai paru-paru,
d cemas melukai limpa
e takut dan terkejut melukai ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar